Minggu, 12 Agustus 2012

Ketidakpastian dan Keyakinan

Setiap saya siap untuk menulis, sebenarnya saya juga gak tahu apa yang akan saya tulis. Biasanya, asal-asalan aja, “tanpa alur yang jelas” bahasa ilmiahnya, syukur-syukur kalo isinya bermanfaat (emang ada?). Aneh ya, emang aneh. Jadi, mau nulis apa nih? Tau ah, dark.
Hmm, ngomong-ngomong masalah dark (gelap), saya jadi ingat sebuah kalimat jaman dulu yang dipopulerkan oleh R. A. Kartini, “habis gelap terbitlah terang,” artinya, kalo gelapnya udah selesai, selanjutnya pasti terang. Yakin? Gak juga sebenarnya, seandainya gelapnya gak abis-abis gimana? Ya, terangnya juga gak muncul-muncul.

Setelah ngebaca alinea kedua, pasti ada yang kebingungan, mau ngebahas apa sih ini postingan? Saya juga gak ngerti, jadi lanjut aja dah. Seandainya gelapnya gak abis-abis gimana? Nah,pertanyaan ini jelas menegaskan bahwa ada yang namanya “ketidakpastian”. Contoh lain begini, kalo habis lewat tengah malam, pasti harinya berubah menjadi besok. Yakin? Coba seandainya sebelum jam 12 malam nanti dunia berhenti berputar, emangnya besok masih ada?. Makin jelas terlihat kan, bahwa gak ada yang pasti di alam semesta ini.
“Satu-satunya yang pasti di dunia ini adalah ketidakpastian” (Albert Einstein). Benar sih, emang semuanya itu gak pasti. Yang pasti cuma ketidakpastian, dan kalo saya tambahkan, yang pasti itu hanya ketidakpastian dan Tuhan yang menciptakan ketidakpastian itu.
Kayaknya sok tahu banget ya saya, aduh gimana ya? Saya juga berasa kayak orang kesurupan nulis tulisan yang kayak gini, tapi yang pasti gak ada maksud mengajari di sini, kita sama-sama belajar, sama-sama berbagi, dan sama-sama punya mimpi.
Lha? Kok mimpi? Emang apa hubungannya? Siapa bilang gak ada hubungannya, justru karena adanya ketidakpastian maka Tuhan dengan kasih sayangNya menganugerahkan kepada menusia “mimpi”. Coba kalo semuanya udah pasti, ngapain lagi bermimpi, udah pasti kok semua, apa-apa udah gak misteri lagi, semuanya pasti, kan aneh. Trus kalo ada yang nanya, “kamu cita-citanya apa?” lalu dijawab, “nih, liat aja di buku takdir gue, jelas kok gue nanti jadi apa.” Sekali lagi, kan aneh.
Mimpi, mimpi, mimpi, mulu, emang bisa gitu hidup hanya dengan bermimpi? Nah ini, kalo mimpi doang sih gak bisa, makanya harus ada yang namanya target, usaha, pola pikir, dan berdoa. Mari kita berpikir (kebetulan saya udah lama gak make otak yang sebenarnya), jika mimpi kita tambahkan dengan target maka ia akan berubah menjadi rencana, selanjutnya pola pikir kita harus selalu postif, yakin bisa terwujud walau rintangannya berat, lalu berusaha dan berdoa. Jika mimpi anda masih belum terwujud, haraplah anda sadar diri, hahaha. Serius, berarti mimpi anda memang gak pantas untuk terwujud. Kenapa? Hanya Tuhan yang tahu.
Ya, hanya Tuhan yang tahu apa yang Ia lakukan kepada makhlukNya. Yakin saja, itulah yang terbaik bagi kita. Lalu, jika Tuhan melakukan yang terbaik bagi kita, bagi umat manusia, mengapa ada perang, kejahatan, dan semua “sisi gelap” di dunia yang pasti membuat ada yang berpikir begini “apakah ini yang terbaik bagi saya?.”
Kayaknya, makin ke sini, makin ribet aja ni tulisan. Harap maklum, inilah dampak dari kebanyakan ngebaca buku yang aneh-aneh, buku yang sebenarnya isinya super ribet dan dengan sepihak saya tafsirkan sendiri maksudnya. Ya, emang jadi konyol tafsirannya, tapi paling gak nyangkut dikit lah.
Kembali lagi, emm, saya ulangi kalimat tadi, “apakah ini yang terbaik bagi saya?.” Oke, yang nulis pertanyaan ini kan saya, lalu saya sendiri yang harus ngejawab, kalo gitu saya jawab seada-adanya aja, tapi kalo ada yang gak setuju dengan jawaban saya ya bilang, jangan diam, tapi kalo kebanyakan omong gak bagus juga, hehe.
Jadi begini, manusia itu…
LaptopKeren      : bos… biar ane aja yang ngejawab..
Gema                    : oke, bagus.. kebetulan saya udah puyeng..
LaptopKeren      : sip.. bos, refresh dulu dong, udah gerah nih..
Gema                    : okelah..
(sekarang  ceritanya yang ngomong adalah si LaptopKeren) wkwkwkwk,, makin bodoh aja ni postingan, ya harap maklum saja.
Oke, langsung aja gue jelasin. Gue di sini akan melihat dari sudut pandang yang lain, karena di sini gue mau ngebahas masalah manusia, makhluk Tuhan yang paling sempurna. Kalo ngeliat dunia manusia, kayaknya ribet banget ya. Di dunia manusia Tuhan menciptakan berbagai macam perbedaan, hitam dan putih, yin dan yang, air dan api, perang dan damai, jahat dan baik, Power Ranger dan Monster Jahat, Kamen Raider Kuuga dan Monster Jahat (juga), Goku dan Picolo, Dora dan Swiper, Aslan dan Penyihir Putih, Batman dan Joker, Barbie dan….
Gema                    : STOP…!!!! Biar gue aja yang ngomong..
LaptopKeren      : ihh, kan belum selesai, Barbie dan…
Gema                    : diam, mau lu gue  install ulang lagi?
LaptopKeren      : ahh,, jangan.. ya udah monggo..
Maaf, atas ketidaknyamanan ini, hehe. Begini, seperti yang udah dijelasin tadi, maksudnya adalah bahwa di dunia ini ada yang namanya baik dan buruk. Tapi, di dunia ini tidak hanya ada baik dan buruk, (nah lho?)ada satu lagi, yang saya sendiri juga bingung ngejelasinnya, intinya golongan ketiga ini dipastikan adalah manusia (ya iya lah), manusia yang masih kebingungan, banyak nanya, apakah ini baik atau buruk? Atau apalah. Contoh kecil begini :
Energi atom yang digunakan buat pembangkit listrik, baik atau buruk? BAIK..
Energi atom yang digunakan buat senjata pemusnah massal, baik atau buruk ? BURUK..
Nah, kalo energi atom yang digunain buat ngebunuh ratusan ribu orang di Hiroshima & Nagasaki, trus gara-gara itu perang dunia ke II benar-benar berakhir, dan membuat jutaan manusia yang lain gak lagi menderita, apakah itu baik atau buruk? Entahlah, saya juga bingung..
Balik lagi, jadi apa kesimpulannya? Gak tahu, saya gak ngerti. Intinya, semua adalah kekuasaan Tuhan, Dialah yang berkuasa menciptakan ketidakjelasan, ketidakpastian, kebingungan, mimpi, cita-cita, agar kita senantiasa selalu berpikir, belajar, berusaha, hingga akhirnya umat manusia sampai pada satu titik yang tertinggi dalam menentukan jalan hidupnya, yaitu “Keyakinan”.
“Hidup manusia tidak berakhir saat ruhnya dicabut dari dalam tubuhnya, tetapi hidup manusia berakhir saat keyakinannya hilang dari dalam tubuhnya”.
Makasih.. J
NB. Saya asal nulis aja, jadi kalo tulisan saya di atas tidak sesuai dengan pemahaman anda, ya udah lupain aja.

12-08-2012



Tidak ada komentar:

Posting Komentar